Currently Viewing

Maskapai penerbangan berbiaya rendah, AirAsia Indonesia, berencana terus berekspansi dan akan mengoperasikan hingga sebanyak 34 pesawat Airbus pada 2015. Seri yang diincar adalah Airbus A320.

“Target jangka menengah kami adalah mengoperasikan hingga 34 pesawat pada akhir 2015,” kata Presiden Direktur PT AirAsia Indonesia, Dharmadi, dalam acara peresmian 100 Persen Airbus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta.

Untuk itu, menurut Dharmadi, pihaknya juga akan melakukan sejumlah langkah seperti melaksanakan analisa pasar secara komprehensif serta melatih SDM yang handal dan memadai jumlahnya.

Pada saat ini, ujar dia, AirAsia Indonesia telah resmi mengoperasikan 17 unit pesawat yang seluruhnya Airbus A320 dan berencana untuk menambah empat unit lagi sehingga pada tahun 2012 akan terdapat 21 unit.

Saat ini, AirAsia Indonesia juga merupakan maskapai penerbangan dengan usia pesawat yang muda dengan rata-rata pesawat maskapai adalah sebesar tiga tahun. Usia pesawat yang tergolong secara signifikan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar maskapai.

Mengenai jumlah penumpang, ia juga mengemukakan bahwa jumlah penumpang pada tahun 2005 adalah sebanyak 700 ribu orang, sedangkan jumlah penumpang yang diangkut AirAsia pada tahun 2012 mencapai sekitar 20 juta orang.

Dharmadi memaparkan, AirAsia Indonesia selama dua tahun berturut-turut sejak 2010 menjadi pemimpin pasar penerbangan internasional sehingga pihaknya juga berkomitmen untuk mempertahankan prestasi tersebut.

Jumlah persentase pasar internasional yang dikuasai pada tahun 2010 adalah 41,09 persen dan meningkat tipis pada tahun 2011 menjadi sebesar 41,58 persen. Strategi kami untuk AirAsia Indonesia adalah 75 persen untuk rute internasional dan 25 persen penumpang untuk rute domestik.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy