Currently Viewing

Pesawat Silk Air jenis Air Bus 320 yang mendarat di landasan bandara Adisumarmo Solo pukul 08.55 WIB mengeluarkan asap dan percikan api.  Saat itu, ban utama sebelah kiri pesawat dengan nomor penerbangan MI-112 rute Singapore Solo, terus mengeluarkan asap cukup banyak dan disertai percikan api. Petugas tower yang mengetahui langsung menghubungi pihak bandara. Seketika dua mobil pemadam langsung mendekat dan berjalan diantara pesawat. Akibatnya sebanyak 124 penumpang diluncurkan melalui pintu darurat saat pesawat Silk Air jurusan Singapura-Solo mengeluarkan asap dan percikan api di Bandara Adi Soemarmo Solo.

“Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Tapi petugas yang mengiringi pewasat dengan mobil pemadam belum sempat menyemprotkan gas ke ban pesawat tersebut. Kemudian saat pesawat sudah di tempat parkir atau apron, kapten langsung menurunkun penumpang melalui pintu darurat,” ungkap Airport Duty Menager Bandara Adi Soemarmo, Saiful Makuta usai kejadian.

Menurut Saiful, dengan tindakan cepat mengeluarkan emergency yang kemudian meluncurkan penumpang melalui pintu darurat atau bisa dikenal dengan escape slide, dianggap sangat tepat. Hal itu sudah sesuai dengan prosedur penerbangan, karena pesawat yang mengangkut penumpang sebanyak 124 dari Singapura itu, jelas-jelas mengeluarkan asap dan disertai percikan api.

Disinggung terkait adanya informasi penumpang yang terluka saat peluncuran darurat, Saiful membantah. Jika informasi tersebut tidak ada. Yang ada salah satu penumpang kedapatan terlukan ringan atau hanya tergores saja. Mengingat saat dikeluarkan melalui pintu darurat, para penumpang yang mayoritas warga negara asing (bule, red) itu harus meluncur. “Cuma tergores saja,” tandasnya.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy