Currently Viewing

Sejak beberapa hari terakhir, pengelola Bandara Pinang Kampai memberlakukan buka-tutup untuk sementara waktu. Hal tersebut dilakukan lantaran kabut asap sisa kebakaran lahan yang mengakibatkan jarak pandang hanya 500 meter saja.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S. Ervan, untuk hari ini dari informasi yang diperoleh, penutupan bandara dimulai sejak pukul 07.00-10.00, setelah itu bandara sudah bisa beroperasi sebagaimana biasanya karena jarak pandangnya sudah normal.

“Memang biasanya terjadi gangguan jarak pandang apabila di pagi hari, karena asap bercampur dengan kabut,” ujar Bambang di Jakarta.

Seperti diketahui, jarak pandang normal pada bandara adalah 2.000 meter sehingga bisa dilakukan aktifitas penerbangan. Kecepatan angin juga ikut memengaruhi, bila diatas 10 knot, maka dianggap aman karena akan terjadi pergeseran awan dan pemecahan gumpalan asap yang tadinya terpusat di sekitar bandara.

Namun begitu menurut Bambang, terjadinya buka-tutup operasional bandara Pinang Kampai ini belum bisa dipastikan kapan akan kembali normal, dilihat dari perkembangan asap yang mengganggu selama ini.

“Pengumumannya bisa setiap hari, karena terkait dengan kondisi di lapangan, tidak bisa dipastikan kapan akan kembali normalnya,” imbuh Bambang.

Bandara di Dumai ini, lanjut Bambang merupakan bandara yang tidak terlalu sibuk dan sampai saat ini tidak terjadi delay keberangkatan atau tiba di bandara, karena jadwalnya sudah disesuaikan.

Beberapa maskapai yang melakukan penerbangan ke Bandara Pinang Kampai diantaranya Pelita Air dan Riau Air.

 

Sumber : Dephub





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy