Currently Viewing

Setelah pembangunan Terminal Baru Bandara Sepinggan Balikpapan selesai dan sudah dioperasikan sejak bulan Maret 2014, insyaalloh akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipertengahan bulan September 2014. Rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan empat bandar udara di Kalimantan. Dua bandara berada di Kalimantan Timur dan dua lainnya di Kalimantan Utara.

Empat bandara yang bakal diresmikan SBY yakni Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Bandara Datah Dawai di Kabupaten Mahulu, Kaltim, Bandara Long Bawan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Bandara Long Ampung di Kabupaten Malinau, Kaltara. Tiga bandara terakhir terletak di perbatasan RI dan Malaysia.

Pembangunan Terminal Baru Bandara Sepinggan menghabiskan biaya senilai Rp1,6 triliun yang semuanya ditanggung oleh PT Angkasa Pura selaku pengelola Bandara Sepinggan. Sedangkan pembangunan tiga bandara di kawasan perbatasan  dari dana APBD Kaltim tahun jamak pada 2011-2013 yang totalnya Rp400 miliar. Kalimantan Utara merupakan daerah pemekaran dari Kalimantan Timur, daerah baru yang langsung mempunya bandara baru.

Rincian anggaran bandara perbatasan yang senilai Rp400 miliar itu adalah, Bandara Long Bawan senilai Rp120 miliar untuk membangun landasan pacu sepanjang 900 meter dengan lebar 30 meter. Kemudian Bandara Long Ampung senilai Rp130 miliar untuk landasan pacu 840 meter dengan lebar 30 meter. Bandara Datah Dawai yang sebelumnya memiliki landasan pacu sepanjang 750 meter dengan lebar 23 meter, mendapat alokasi Rp150 miliar untuk menambah panjang landasan menjadi 1.600 meter dengan lebar 30 meter.

Semoga dengan diresmikannya Terminal Baru Bandara Sepinggan Balikpapan dan tiga bandara di wilayah Kalimantan, maka dapat berdampak positip pada perkembangan ekonomi di kepulauan Kalimantan.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy