Currently Viewing

Kasus pembobolan barang bagasi penumpang oleh porter maskapai menjadi topik yang paling banyak dibicarakan di awal tahun ini. Kabar itu cukup menggemparkan, apalagi setelah Mabes Polri menyatakan tak ada bandara di Indonesia yang aman dari sindikat pencurian barang bagasi.

Jika terjadi barang di bagasi hilang, Anda harus segera melaporkan ke maskapai yang bersangkutan. Apabila terlalu lama, maka kesempatan untuk mendapat kompensasi bisa hilang. Agar barang yang kita bagasikan tidak hilang, berikut adalah beberapa tips bagaimana mencegah barang bawaan dicuri di bandara :

  • Pilih Penerbangan Langsung, Tidak Transit.
    Semakin banyak berpindah pesawat maka barang bagasi anda juga akan sering berpindah-pindah di bandara sehingga akan besar risiko barang bagasi hilang. Jika memungkinkan, pilih  penerbangan langsung, tidak harus transit, karena bagasi hanya satu kali proses perpindahan barang di bandara.
  • Perhatikan Troli Barang Bawaan.
    Ketika menggunakan troli bandara, selalu perhatikan troli dan isinya, terutama ketika sedang menunggu.
  • Jangan Antri Jauh Saat Pengambilan Bagasi.
    Dengan mendekat pada conveyor pengambilan bagasi maka pengawasan barang anda akan lebih mudah.
  • Jangan Menyimpan Barang Berharga di Bagasi.
    Peraturan penerbangan sekarang penumpang dilarang menaruh barang berharga di bagasi. Sebagai konsekwensi apabila terjadi kehilangan barang bagasi maka pengelola bandara dan airline tidak akan mengganti. Barang berharga seperti perhiasan, dokumen penting, gadget, dan lainnya sebisa mungkin simpan di tas tangan atau ransel yang dibawa ke pesawat.

Demikian tadi beberapi tips untuk mencegah pencurian barang bagasi di bandara. Lebih baik berjaga-jaga daripada sudah terlanjur kehilangan barang bagasi akan merasa kecewa.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy