Currently Viewing

Maskapai penerbangan Air Asia berencana segera menutup jalur penerbangan komersial Solo – Kuala Lumpur. Jalur penerbangan Solo-Kuala Lumpur rupanya semakin sepi penumpang. Menyikapi hal itu, maskapai penerbangan AirAsia akhirnya menutup jalur penerbangan yang menghubungkan dua kota lintas negara tersebut.

Selain Yogyakarta, Solo jadi salah satu tujuan favorit para backpacker dari berbagai negara. Begitu pula Kuala Lumpur, yang masih jadi destinasi favorit para pelancong dari Indonesia. Namun sayangnya, hal itu tampak tidak berlaku lagi bagi para pelancong asal dua tempat tersebut. Buktinya, jalur penerbangan Solo-Kuala Lumpur dan sebaliknya milik maskapai penerbangan AirAsia semakin lama semakin sepi penumpang. Maskapai ini pun akhirnya menutup jalur tersebut.

Srategy and Airport Planning Director Air Asia, Jafrie Arief mengatakan rencana penghentian jalur itu Solo – Kuala Lumpur sudah final. Sejak beberapa bulan terakhir kondisi penumpang dari Solo ke Kuala Lumpur dan sebaliknya, makin menurun dan sangat sepi. Selanjutnya pesawat yang selama ini melayani penerbangan dari Solo – Kuala Lumpur selama tujuh tahun terakhir akan segera dialihkan ke Yogyakarta. Dia mengatakan permintaan untuk jalur Yogyakarta – Kuala Lumpur sangat besar.

Atas keputusan Air Asia tersebut, Walikota Surakarta, Joko Widodo, hanya bisa berharap agar maskapai tersebut bisa membatalkannya. Meskipun dia mengakui bahwa hingga saat ini pihaknya belum mampu mendatangkan wisatawan Malaysia dalam jumlah tinggi, namun dia optimis jalur tersebut masih potensial untuk dikembangkan.

Namun demikian pihak Air Asia menegaskan bahwa keputusan tersebut sudah final. Walaupun mereka melakukan pendekatan ke kantor pusat tentang kemungkinan pembatalan keputusan. Namun sepengetahuan  keputusan sudah final.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy