Currently Viewing

Bagi seseorang yang baru pertama kali naik pesawat di bandara akan mengalami banyak kendala apabila belum mengerti istilah di dalam dunia penerbangan. Terkadang hal tersebut akan menjadikan seseorang kurang percaya diri dalam memasuki suatu bandar udara. Untuk itu bagi yang akan bepergian dengan memakai pesawat udara sangat diperlukan Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara.

Berikut ini akan kami berikan beberapa Panduan Keberangkatan Penumpang Pesawat di Bandara khususnya bagi Penumpang pesawat untuk keberangkatan domestik.

DROP ZONE
Pada saat penumpang sampai di suatu bandara maka akan turun dari kendaraan menuju area bandara. Tempat atau area yang dipergunakan bagi kendaraan untuk menurunkan penumpang yang akan berangkat disebut DROP ZONE. Area Drop Zone tersedia fasilitas valet parking bagi anda yang memerlukan pelayanan ini.

SECURITY CHECK POINT
Ketika kita mulai masuk terminal suatu bandara maka yang akan dihadapi pertama kali adalah Security Check Point, yaitu tempat pemerikasaan penumpang pesawat beserta bawa bawaan baik bagasi maupun kabin. Pemeriksaan barang bawaan akan melalui peralatan xray sedangkan untuk orangnya akan melewati Walk Through Metal Detector.
Berikut ini hal-hal panduan di area Security Check Point

  1. Siapkan dokumen anda sebagai berikut:
    - Tiket sesuai tanggal keberangkatan
    - Kartu Identitas
  2. Barang-barang bawaan wajib diperiksa melalui x-ray.
  3. Untuk memperlancar pemeriksaan, seluruh benda logam seperti Handphone, Kunci, dsb agar dilaporkan dan diperiksa melalui x-ray.
  4. Seluruh penumpang wajib melalui Walk Through Metal Detector (WTMD).
  5. Apabila diperlukan, penumpang dan barang bawaan dapat diperiksa secara manual.
  6. Laporkan kepada petugas security apabila anda:
    - Menggunakan alat pacu jantung
    - Membawa senjata api
  7. Tidak diperkenankan membawa serta barang-barang berbahaya, seperti pisau, cutter, korek api, korek gas, dsb.

CHECK IN COUNTER
Setelah melewati Area Security Check Point, maka kita akan menuju Area Check in Counter. Check IN Counter yaitu tempat untuk melapor di masing masing Airline tentang keberangkatan kita. Dalam proses di Check in Counter kita akan menerima Boarding Pass dan sekaligus untuk menyerahkan barang bawaan yang dibagasikan.
Berikut ini pandungan di Area Chec In Counter

  1. Siapkan dokumen anda sebagai berikut:
    - Tiket sesuai tanggal keberangkatan
    - Kartu Identitas
  2. Antrilah pada check-in counter yang sesuai dengan nomor penerbangan anda.
  3. Untuk keselamatan penerbangan laporkan bagasi anda yang beratnya lebih dari 5kg, dan hanya diperkenankan membawa 1 bagasi yang beratnya kurang dari 5kg kedalam kabin pesawat.

PEMBAYARAN PJP2U
Setelah proses checkin selesai maka kita akan menuju ruang tunggu keberangkatan. Dalam perjalanan menuju ruang tunggu keberangkatan kita akan disuruh membayar Airport Tax atau PJP2U. PJP2U adalah Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara. Tarif PJP2U tiap bandara berbeda. Untuk bandara besar biasanya dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000 untuk penumpang domestic dan Rp. 150.000 untuk penumpang internasional. Perlu diketahui bahwa tarif PJP2U tidak termasuk dalam harga pembelian tiket.

SECURITY CHECK POINT 2
Ketika kita akan memasuki ruang tunggu keberangkatan maka akan dihadapkan lagi dengan Area Security Check Point yang kedua. Dalam Area Security Check Point yang kedua penumpang akan sekali lagi dicheck beserta barang yang akan dibawa di kabin pesawat. Barang bawaan akan dicheck melalui xray, dan orangnya akan melalui Walk Through Metal Detector.
Berikut panduan dalan Area Security Check Point kedua :
- Siapkan Tiket dan Boarding Pass anda, serta kupon PJP2U.Prosedur ini sama dengan prosedur pada SCP1
- Penumpang yang dibebaskan dari PJP2U seperti: penumpang transit, bayi, air crew, tamu negara.

RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN
Setelah melewati Area Security Check Point kedua maka kita menuju ruang tunggu keberangkatan. Setiap Maskapai Penerbangan mempunyai jalur atau pintu gate keberangkatan sendiri. Untuk itu kita menuju ruang tunggu keberangkatan sesuai dengan nomer gate. Setelah waktu naik pesawat tiba maka kita akan dipersilakan naik pesawat dengan menunjukkan kartu Boarding Pass.

Demikian tadi Panduan Keberangkatan bagi Penumpang Pesawat di Bandara, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.



Recent Terms :
 cara masuk bandaracara boarding pass di bandaracara boarding passpanduan di bandaracara masuk ke bandaracara masuk bandara soekarno hattaproses check in di bandaratata cara naik pesawat pertama kalicara cek in di bandara soekarno hattatata cara check in di bandara soekarno hatta




  1. Ricky says:

    panduannya lengkap banget gan.. ane jadi lebih percaya diri nih mau masuk bandara besok, padahal sebelumnya deg deg ser takut kalo nanti malah salah tujuan wakakaka .. NICE POST GAN (y)

  2. evi says:

    makasih postingannye…
    ane jd rada paham deh,,,maklum baru mau kali ini mudik pake pesawat….

  3. Randie says:

    nice post, gan! :)

  4. fitria says:

    nah itu cara panduan pemberangkatan…. kalo cara panduan transit misalkan surabaya transit jakarta terus di lanjutkan ke pontianak cara ya gimana gan….??? :)

  5. asev says:

    bisakah check in dengan selain KTP, misal: SIM ? Soalnya KTP ane udah mati dan yg baru belum keluar ?

  6. Golfrin sihombing says:

    Panduannya lengkap banget,thanx ya postingannya saya jadi paham maklum baru pertama kali naik pesawat.

  7. Ivana Kurnia Sari says:

    Terimakasih untuk panduannya.
    Nanti setelah landing, pas check out nya gimana?

  8. julie says:

    nice info,
    tapi kalau belum pernah sama sekali masuk ke bandara kan belum tau nih dimana tmpat check in dan tempat2 lain yang diperlukan.
    gmn nih gan?

  9. Hantosu says:

    Misi gan, kalo umur <17 n lom punya ktp boleh pake apa?

  10. Ivan says:

    Sorry gan, mw tanya, sya umur 19 tahun, masih kuliah dan blm punya kerja, saya gk punya nomor NPWP, kalo gk punya NPWP mesti bayar fiskal 2 juta yah?

  11. indra D'cinamons says:

    Mantap min…
    Trus kalau tiketnya transit min bagaimana???
    Misalnya tujuan tarakan – makassar tapi harus transit di balikpapan dulu baru lanjut ke makassar…
    Panduan tuk lanjutin keberangkatannya bagaimana lagii min…
    Tolong di jelasin donk kya’ Ɣªήğ diatas tadi…

    • wulanda says:

      ga ada bedanya kok, cuman klo transit, ga prlu bingung, tetep aja di dlm pesawat ampe tiba di makassar. soal pesawatnya berapa kali transitkan emang karena pas sodara booking udh ditetapkan ama maskapainya, hanya saja tinggal sodara yg punya tujuan kemana :)

  12. noeks says:

    klo yang eksekutif caranya sama ajja kah?

Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy