Currently Viewing

Jumlah pemudik yang menggunakan pesawat udara mulai meningkat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Sejumlah maskapai penerbangan sudah mengajukan tambahan penerbangan atau ekstra flight.

Diperkirakan mulai H-7 hingga H-1 jumlah pemudik yang datang maupun berangkat dari Bandara Adisutjipto akan terus mengalami peningkatan. Pada hari biasanya jumlah penumpang di Bandara Adisutjipto mencapai 9 ribu penumpang setiap hari. Saat lebaran tahun diperkirakan jumlah penumpang akan mencapai sekitar 14 ribu orang setiap harinya.

“Mulai hari Selasa peningkatan jumlah penumpang sudah ada namun puncaknya pada H-3 hingga H-1,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Adriyanto, di sela-sela pendirian posko Lebaran.

Menurut Agus, beberapa maskapai penerbangan juga sudah ada yang mengajukan ekstra flight untuk Lebaran tahun ini. Maskapai yang telah mengajukan tambahan penerbangan di antaranya Garuda, Batavia dan Lion Air. Maskapai melakukan ekstra flight mulai tanggal 22 Agustus hingga 12 September.

“Batavia Air dengan tambahan 2 ekstra flight setiap hari. Sedangkan Garuda dan Lion Air satu kali ekstra flight setiap hari untuk tujuan Jakarta dan Balikpapan,” kata Agus.

Dia mencontohkan ekstra flight Garuda sebanyak 10 kali penerbangan mulai tanggal 26,27,28 Agustus sebanyak 6 kali untuk arus mudik. Sebanyak 4 kali ekstra flight untuk arus balik pada tanggal 3-4 September 2011 dengan Jakarta- Yogyakarta PP.

Untuk Batavia Air, ekstra flight mulai dilakukan pada tanggal 22,24,26,27 dan 29 Agustus tujuan Jakarta- Yogyakarta. Sedang untuk arus balik pada tangga 5,7,9,10,12 September 2011. Untuk Lion Air ekstra flight mulai dilakukan pada 23-30 Agustus 2011 tujuan Balikpapan dan pada tanggal 25-28 Agustus untuk tujuan Jakarta.

“Masing maskapai menyediakan tempat duduk berkisar 144-160 kursi,” katanya.

Agus menambahkan posko terpadu di Bandara Adisutjipto mulai beroperasi hari ini hingga 7 September 2011. Posko terpadu tersebut untuk memudahkan pihak instansi terkait dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna transportasi udara dan darat di sekitar lingkungan bandara.

“Posko terpadu melibatkan seluruh SDM di Bandara Adisutjipto dibantu POM TNI AU, Polri, Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang Wilayah kerja Bandara Adisutjipto dan siswa-siswi sekolah pramugari /pramugara,” kata Agus didampingi Humas PT Angkasa Pura I, Isye Yuviana.

Dia mengimbau agar para penumpang pesawat untuk mentaati peraturan yang berlaku dan berhati-hati terhadap segala kejahatan dan menjaga barang bawaan masing-masing. Untuk menghindari crowded di dropzone kepada para pengguna jasa bandara diharapkan menggunakan fasilitas parkir di sebelah utara bandara dan melewati underpass untuk memasuki area bandara.

“Kami juga membuka layanan informasi mengenai frekuensi penerbangan atau extra flight selama musim mudik lebaran tahun ini. Silakan dapat menghubungi no.telp : (0274) 484261, untuk posko terpadu (ext) 222 dan posko kesehatan (ext) 233 atau Twitter : jog_ap1 dan Komplain Pelanggan (CHS) 0274-3158000,” papar Agus.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy