Currently Viewing

Banyak orang menyarankan untuk mendapatkan tiket pesawat murah dengan cara membeli tiket promo jauh-jauh hari. Tapi itu saran jaman dulu, untuk sekarang ternyata mesti ditambahkan satu saran baru yakni beli lewat online atau internet. Beberapa orang sedikit dibuat kesal hanya karena setelah membeli tiket pesawat luar negeri via travel agent, ternyata setelah dicoba cek di internet targanya lebih murah. Garuda Indonesia sekarang juga memberlakukan hal yang sama, tiket murahnya dijual online via internet, dan ini sudah alami berkali-kali.

Dari struktur biaya, tiket online memang seharusnya bisa lebih murah karena airline tidak lagi membayar komisi penjualan ke agen, tidak lagi perlu banyak petugas untuk melayani pembelian, mengurangi biaya cetak tiket, dan pengurangan biaya-biaya lainnya. Namun ternyata tiket online bisa lebih murah lagi dan ini dipengaruhi oleh strategi masing-masing airline.

Promo hanya via Internet. Garuda Indonesia misalnya menjual tiket promonya lebih banyak melalui internet dibandingkan melalui ticket agent atau sales counter. Pada saat-saat tertentu harga tiket Garuda berbeda jauh antara via internet dan penjualan biasa. Bahkan Air Asia memiliki strategi untuk mendorong pelanggannya membeli tiket dari internet jadi mengurangi biaya-biaya penjualan. Airline asing juga telah banyak yang melakukan strategi ini. Pengalaman saya mendapatkan tiket promo kelas H Garuda Indonesia via internet, sementara dalam waktu yang sama tiket terendah yang dijual di sales counter atau travel agent adalah kelas B yang lebih mahal.

Transaksi lebih cepat. Dibandingkan membeli tiket secara manual, membeli tiket via internet akan lebih cepat. Ini dikarenakan data-data Anda sudah tersimpan sebelumnya melalui registrasi userid. Kecepatan ini menjadi begitu penting terutama jika Anda sedang berburu tiket-tiket promo semisal di Air Asia. Kecepatan juga didapat karena keleluasaan menentukan jadwal terbang dan harga terakhir yang ditampilkan.

Lebih banyak cara pembayaran. Dulu pembayaran tiket internet hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit. Sekarang lebih banyak kanal pembayaran dengan tambahan kartu debit dari beberapa bank besar. Airline asing bahkan sudah menambahkan paypal sebagai alat bayarnya.

Keamanan Transaksi. Beberapa tahun lalu sebagian besar masyarakat masih enggan membeli tiket via internet dengan alasan keamanan. Kini semua website airline telah dilengkapi dengan standar keamanan berlapis untuk mengurangi risiko fraud dan kejahatan internet. Saya telah cukup lama terbiasa membeli tiket via internet dan sejauh ini aman-aman saja.

Disamping kepraktisan dalam transaksi dan kemungkinan mendapatkan tiket lebih murah ternyata tidak semua transaksi pembelian itu dapat dilakukans sepenuhnya melalui internet. Pada hampir semua airline, transaksi-transaksi seperti pembatalan tiket, pergantian jadwal terbang , refund belum dapat sepenuhnya dilakukan dari internet dan masih perlu menghubungi call center atau sales counter.



Recent Terms :
 booking tiket bandara onlinebandara tiket pesawat onlinecara membeli tiket pesawat onlinetiket pesawat bandaratiket pesawat bandar udarabandar tiketbandar udara bookingcara mendapatkan tiket pesawat murahcara dapat tiket pesawat murahbandar udara tiket




  1. suci says:

    dengan fasilitas sekarang juanda verry Good. tetapi untuk pengantar masih belum tertib.

Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy