Currently Viewing

Pembangunan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan melalui proses verifikasi bulan Mei mendatang. Jika layak, maka akan bisa difungsikan parsial sebelum Lebaran.

Untuk memastikan proses tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo meninjau proyek bandara yang berkonsep floating airport atau bandara terapung pertama Indonesia itu, . Sekjen Kementrian Perhubungan dan rombongan berkeliling di lantai 1 dan 2. Sugihardjo mengatakan proses verifikasi bandara ditargetkan bisa dimulai pada bulan Mei 2018 mendatang. Verifikasi diperlukan sebelum ada keputusan bandara boleh dioperasionalkan

Terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang merupakan salah satu proyek strategis nasional. Perluasan terminal bandara dilakukan lantaran terminal lama sudah melebihi kapasitas. Dari kapasitas 800.000 penumpang per tahun, tetapi nyatanya menampung 4,4 juta penumpang. Terminal baru dibangun sembilan kali lipat hingga ditargetkan mampu menampung hingga 6 juta penumpang per tahun.

Sementara itu  Direktur Operasional Angkasa Pura 1 Wendo Asrul Rose menjelaskan paket 1 yang meliputi jalan akses, kemudian paket 2 yang meliputi taxiway, apron, dan parking stand sudah rampung 100%. Paket 3 terminal penumpang 63%. Paket 4 bangunan penunjang 10%.

Terminal penumpang yang rencananya akan dioperasionalkan sebelum Lebaran, nantinya belum akan rampung 100% namun tetap memenuhi syarat.





Copyright © 2011 BandaraOnline.com. All rights reserved. Design by Bandara Online. Powered by : Wordpress
Contact | Sitemap | Privacy