Jadwal PenerbanganReal Time FIDS - Jadwal Penerbangan Bandara

Tips Menghindari Rasa Sakit Telinga Selama Penerbangan

Pernahkan anda mengalami sakit telinga pada saat pesawat akan lepas landas atau ketika mendarat yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi tersebut dinamakan aerotitis. Gejalanya mulai dari tekanan ringan seperti sedang berada di dalam air, sakit yang terasa menusuk, hingga kehilangan pendengaran selama beberapa waktu.

Tips Menghindari Rasa Sakit Telinga Selama Penerbangan
Tips Menghindari Rasa Sakit Telinga Selama Penerbangan

Ketika ada perubahan dalam ketinggian, tubuh akan menyeimbangkan tekanan antara telinga dan kondisi lingkungan, dimana kita berada dengan membuka tuba eustachian, yaitu tuba di antara hidung dan telinga. Namun karena kecepatan pesawat, tuba tersebut tidak bisa membuka tepat waktu. Itulah yang membuat telinga terasa seperti tersumbat ketika kita terbang.

Bagaimana cara mengatasi sakit telinga pada selama penerbangan. Berikut ini  Tips Menghindari Rasa Sakit Telinga Selama Penerbangan yang diambil dari manual Dirjen Perhubungan Udara.

  1. Kompres Hangat
  2. Manuver Valsalva
    Menghembuskan napas secara paksa dengan menutup hidung dan telinga
  3. Makan Permen
    Makan permen kita akan banyak menelan ludah, itu cara gampang buat kurangi tekanan di telinga. Kalau telan ludah kan jadi plong
  4. Menguap
    Dengan menguap maka dapat menyamakan (tekanan) gendang telinga di luar dan di dalam.

Ternyata dari keempat cara tersebut, yang paling mudah mengatasi perubahan di telinga tersebut yakni dengan sengaja menguap. Tekanan udara yang dihasilkan dari dalam karena aktivitas menguap ini efektif membantu terbukanya tuba di telinga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *